Peluang ini tecermin dari potensi transaksi hingga US$4,07 juta dalam acara Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022, 13-15 Juli lalu.
Produk suku cadang Indonesia berhasil menarik minat pengunjung dengan potensi transaksi hingga US$4.074.200 dalam acara Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022 di Mexico City, 13-15 Juli lalu.
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Meksiko, Cheppy T. Wartono, mengatakan, kehadiran pameran tersebut menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengenalkan suku cadang ke pasar Meksiko.
Menurutnya, produk Indonesia memiliki kualitas yang mampu diandalkan dan harga yang kompetitif sehingga dapat bersaing dengan produk dari negara lain. Produk suku cadang Indonesia pun diharapkan menembus pasar otomotif Meksiko dan Amerika Latin yang persaingannya dinilai sangat ketat.
Meski demikian, Cheppy mengingatkan, Indonesia memiliki tantangan dalam memasarkan produk suku cadang. Misalnya, para importir di Meksiko belum mengetahui dan mengenal produk.
Hal tersebut diketahui ketika Indonesia menawarkan kepada salah satu produsen motor terbesar di Meksiko, Italika, melalui pertemuan virtual. Produsen hanya dipilih dua perusahaan saja. Namun, ketika ada perusahaan lain dari Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran dan diundang ke Italika, ternyata produk-produk lainnya juga diminati.