Bisnis

Proyek 3 juta rumah ala Prabowo: Ambisius dan "tak masuk akal"

Jokowi hanya berani menargetkan 1 juta rumah per tahun.

Kamis, 05 September 2024 12:16

Presiden terpilih Prabowo Subianto punya dua proyek ambisius yang  bakal digulirkan di awal pemerintahannya. Selain mengebut pembangunan tanggul laut (giant sea wall) yang membentang dari Jakarta hingga Gresik, Jawa Timur, Prabowo juga berniat membangun 3 juta unit rumah per tahun.

Khusus untuk proyek perumahan rakyat, adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo mengklaim sudah ada pembicaraan awal terkait itu. Menurut Hashim, Prabowo sudah sepakat bakal membangun 2 juta rumah di pedesaan dan 1 juta rumah di perkotaan per tahun. 

"Pembangunan 2 juta unit (rumah) di pedesaan akan dipercayakan kepada UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), koperasi, dan BUMDes. Perusahaan kontraktor konglomerat tidak boleh masuk ke proyek ini," ujar Hashim dalam dialog APEC Business Advisory Council di Senayan, Jakarta, Rabu (4/9). 

Hashim optimistis proyek perumahan rakyat itu bakal turut berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia. Proyek raksasa itu juga diharapkan meningkatkan jumlah kelas menengah. "Selama ini 17 sektor perumahan bisa menyumbang sampai 20% GDP, dan ini nyata," kata dia. 

Ketua Umum Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra), Endang Kawidjaja menilai program 3 juta hunian per tahun bakal sulit direalisasikan di awal pemerintahan Prabowo. Apalagi, jika pemerintahan Prabowo membeli tanah sekaligus membangun rumah dalam program tersebut. 

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait