Layanan ini dihadirkan guna membantu para penumpang yang mayoritas berangkat bersama keluarga serta bawaan banyak saat musim liburan.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyediakan layanan porter gratis bagi pelanggan di Stasiun Pasar Senen, khususnya yang hendak melalui jalur penyeberangan bawah (underpass) menuju kereta di jalur 3 dan 4. Petugas secara proaktif akan membantu penumpang yang tampak membutuhkan bantuan, seperti lansia, disabilitas, ibu hamil, dan anak-anak.
"Layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan, karakteristik penumpang KA yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak," ucap Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangannya, Minggu (25/12).
Lebih jauh, Eva menerangkan, terjadi peningkatan jumlah penumpang dari Stasiun Pasar Senen pada musim libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru). Pada Jumat lalu (23/12), sekitar 23.000 penumpang telah diberangkatkan dan pada hari ini, sedikitnya mencapai 18.800 penumpang.
"Meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11.000 penumpang," tutur Eva.
Para penumpang diminta memperhatikan aturan berlaku, yang tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan (SE Kemenkes) Nomor HK.02.02/II/3984/2022. Selain itu, datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan atau minimal 1 jam sebelum keberangkatan guna menghindari risiko tertinggal kereta api (KA).