Momentum ramadan membawa berkah bagi sektor FMCG. Berdasarkan riset, jumlah produk terjual kategori biskuit naik 224,4%.
Momentum ramadan membawa berkah bagi sektor fast-moving consumer goods (FMCG). Menilik riset Compas.co.id, nilai penjualan (sales value) sektor FMCG mencapai Rp6,4 triliun, dengan jumlah produk terjual (sales quantity) 170,8 juta buah.
Angka itu naik 12,2% jika dibandingkan dengan periode Februari 2024 yang mencatat penjualan Rp5,7 triliun. Jika dibandingkan dengan Ramadan 2023 sebelumnya yang mencapai Rp5,1 triliun, penjualan tahun ini meningkat 25,4%.
“Riset dilakukan pada periode 13 Maret hingga 9 Mei 2024 menggunakan metode crawling yang merekam seluruh aktivitas penjualan di seluruh toko Shopee, Tokopedia dan Blibli," ujar CEO dan Co-founder Compas.co.id Narendrata kepada Alinea.id, Rabu (15/5).
Berdasarkan peningkatan jumlah produk terjual, kategori makanan dan minuman mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 50,8%. Kenaikan itu terefleksi dari jumlah produk terjual di kategori tersebut pada periode ramadan yang mencapai 60,3 juta produk atau naik ketimbang periode Februari 2024 yang hanya mencapai 39,9 juta produk.
Adapun pertumbuhan jumlah produk terjual terbesar, disumbangkan oleh subkategori biskuit dan kue kering yang mencapai 4,3 juta produk terjual, meningkat 224,4% jika dibandingkan penjualan pada bulan Februari 2024 yang hanya mencapai 1,3 juta produk. Kemudian keripik dan kerupuk yang mencapai 3,3 juta produk terjual, meningkat 46,9% jika dibandingkan Februari 2024 yang hanya mencapai 2,2 juta produk.