Bisnis

Mengenal sandwich generation yang banyak dialami generasi muda

Generasi muda agar bisa mengumpulkan uang pensiun sedini mungkin saat usia masih produktif.

Minggu, 27 September 2020 12:57

Sandwich generation atau generasi kejepit adalah sebutan bagi seseorang yang harus mencukupi kebutuhan ekonominya, sekaligus orang lain dalam waktu bersamaan. Biasanya, kebutuhan tersebut mencakup diri sendiri, orang tua, hingga saudara.

Independent Certified Financial Planner, Annisa Steviani mengatakan, banyak sandwich generation yang telah bekerja lima hingga 10 tahun, tetapi tetap merasa berada di fase struggling dan tidak bisa naik level. Menurutnya, hal tersebut disebabkan beberapa faktor.

"Pertama, underprivilege. Orang tua tidak produktif lagi dan tidak punya uang pensiun yang cukup. Banyak orang yang sudah kerja keras, tetap saja tidak bisa keluar dari kemiskinan karena struktural," kata Annisa dalam webinar Indopremier Festifund 2020, Minggu (27/9).

Dia melanjutkan, ketika orang tua yang masuk kategori underprivilege sudah tidak bekerja, mau tidak mau anak-anaknya yang harus membiayai orang tua.

Faktor kedua, adanya orang tua yang tidak bijak mengelola keuangan saat usia produktif. Orang tua tersebut biasanya saat berada pada usia produktif tidak terpikirkan untuk menabung dana pensiun.

Annisa Saumi Reporter
Achmad Rizki Editor

Tag Terkait

Berita Terkait