Bisnis

Saran OJK agar milenial tak jadi korban investasi bodong

Ombudsman sedikitnya menerima 17 aduan masyarakat tentang investasi bodong.

Rabu, 24 Mei 2023 07:21

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut banyak generasi milenial yang menjadi korban investasi bodong. Salah satu faktornya karena rendahnya literasi keuangan sehingga mudah tergiur dan ikut-ikutan. 

"Bisa juga ini sifatnya ingin cepat-cepat atau, ya, bisa dikatakan generasi instan," ucap Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi OJK, Halimatus Sa'diyah dalam seminar nasional "Literasi Cerdas Berinvestasi" yang diadakan Human Studies Institute di Hotel Naraya UNJ, Jakarta Timur, pada Selasa (23/5).

Menurutnya, banyaknya pemengaruh (influencer) yang menjadi afiliator merupakan faktor lain kaum milenial mudah terjebak investasi bodong. Sebab, tidak gali lebih dalam terlebih dahulu atas investasi yang ditawarkan.

"Pesan saya, sebelum melakukan investasi, selalu pahami dulu produk dan karakteristik risikonya, apa manfaatnya, biayanya berapa kalau kita ingin gunakan itu, dan sebagainya lagi," tuturnya.

"Kemudian, pahami kebutuhan kita, apa rencana kita untuk masa depan dengan berinvestasi itu? Jadi, punya tujuan keuangan dulu sebelum memulai investasi. Sehingga, kita bisa memilih produk investasi yang tepat dengan tujuan keuangan kita yang tentunya juga harus sesuai dengan kebutuhan," sambungnya.

Fatah Hidayat Sidiq Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait