Milenial dan generasi (gen) Z tidak boleh serampangan dalam mengelola keuangan, termasuk saat memilih produk atau layanan jasa keuangan.
Milenial dan generasi (gen) Z tidak boleh serampangan dalam mengelola keuangan, termasuk saat memilih produk atau layanan jasa keuangan. Beberapa hal mesti diperhatikan.
Yang utama, menurut Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Aman Santosa, bijak. Kedua, teliti sebelum membeli.
"Kita sebelum transaksi, pahami betul-betul itu merupakan kebutuhan yang kita butuhkan," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (7/9).
Selain itu, mengenali produk; memahami fitur, manfaat, dan risiko, serta mengetahui hak dan kewajiban sebagai konsumen. "Termasuk mekanisme perlindungan konsumennya," imbuhnya
Legalitas lembaga jasa keuangannya pun perlu diperhatikan, apakah diawasi OJK atau tidak. Selain itu, apakah produk maupun layanannya legal atau ilegal.