Bisnis

Segudang program transisi energi bikin PLN tidak fokus

Anggota Komisi VI DPR, Jon Erizal, mencontohkan dengan kasus di Riau yang hingga kini masih mengandalkan diesel sebagai sumber energi.

Kamis, 13 Juli 2023 10:23

Anggota Komisi VI DPR, Jon Erizal, menilai, PLN kurang fokus merealisasikan program yang dicanangkan. Salah satu faktornya, memiliki terlalu banyak program transisi energi yang dikerjakan.

"Menurut saya, perlu difokuskan ke mana harus kita lakukan karena saya lihat mentransfer dari fosil ke batu bara saja, dari diesel ke batu bara saja, sampai hari ini, kan, belum berjalan dengan baik," ujarnya.

Dicontohkannya dengan kejadian di Riau. Di sana, ungkapnya, aliran listrik yang disalurkan kepada masyarakat hingga kini bersumber dari diesel.

PLN, sambungnya, pun berencana mengubahnya dengan membangun kabel di bawah laut lantaran ongkos produksi menggunakan diesel mahal. Sayangnya, program tersebut belum terealisasi hingga sekarang.

"Nah, mungkin dari satu sisi untuk menjawab tantangan dunia, kan, perlu beberapa titik yang kita infus. Oke, tapi yang ini jangan lupa," katanya, menukil situs web DPR.

Fatah Hidayat Sidiq Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait