Bisnis

Strategi beriklan tepat sasaran di dunia digital

Penjualan online memungkinkan penjual dan brand memperluas pasar, karenanya perlu memiliki strategi iklan yang tepat.

Selasa, 20 Desember 2022 09:57

Umar Malik agaknya sudah hafal betul dengan seluk beluk marketplace. Berbagai strategi memperluas pasar di tempat berjualan daring sudah dipahaminya. Mulai dari menentukan foto produk yang akan dipasang di halaman toko online-nya hingga bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan oleh platform.

Setelah sebelumnya hanya menjadi dropshipper, Umar memutuskan memulai usaha dengan brand-nya sendiri. Dengan modal Rp10 juta, Umar pun segera memulai usahanya sendiri pada September 2018 yang dinamainya Qotaqu. Fokus penjualan pada produk kotak kemasan souvenir pernikahan (packaging wedding souvenir)

Namun, seiring berjalannya waktu dan mulai banyaknya penjual-penjual kecil bermunculan dari berbagai marketplace, Umar mulai memperbanyak variasi produknya. Kini, dia juga menjual kotak-kotak kemasan dengan berbagai ukuran dan bentuk untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut.

“Harapannya, dengan adanya Qotaqu, kami bisa membantu partner terutama UKM sebagai media promosi mereka. Sudah banyak partner yang menggunakan box packaging Qotaqu,” jelas laki-laki 26 tahun ini.

Lapaknya di salah satu marketplace, Tokopedia misalnya cukup berkembang pesat. Menurutnya, layanan iklan di ‘Toko Hijau’ efektif meningkatkan kunjungan calon pembeli alias traffic. Ia menilai Tokopedia lebih unggul dalam sistem UI & UX, yang dapat dilihat dari dashboard laporan penjualan yang rapi dan halaman toko yang enak dilihat.

Qonita Azzahra Reporter
Kartika Runiasari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait