Bisnis

Demi tangani Covid-19, Sri Mulyani pangkas anggaran TNI-Polri

Realokasi dan refocusing anggaran untuk TNI-Polri tidak akan menyentuh anggaran operasional.

Senin, 15 Februari 2021 18:53

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan akan melakukan realokasi dan refocusing anggaran di tubuh TNI dan Polri guna mencukupi kebutuhan penanggulangan pandemi Covid-19.

Dalam paparannya, alokasi anggaran Kementerian Pertahanan atau TNI yang berpotensi dihemat adalah sebesar Rp23,157 miliar dan untuk anggaran Polri sebesar Rp14,870 miliar.

"Refocusing dan realokasi disebabkan karena memang kebutuhan Covid-19 begitu dinamis dan kebutuhan melindungi rakyat dan dunia usaha sangat dinamis. Ini semua merupakan elemen strategis dari pertahanan dan keamanan kita," katanya dalam rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2021 secara virtual, Senin (15/2).

Namun demikian, dia memastikan realokasi dan refocusing anggaran untuk TNI-Polri tidak akan menyentuh anggaran operasional, seperti untuk belanja pegawai dan kegiatan operasional strategis lainnya.

Anggaran yang akan direlokasi adalah belanja nonoperasional yang masih bisa dilakukan refocusing, seperti untuk belanja paket meeting, anggaran perjalanan dinas, renovasi gedung, dan belanja peralatan mesin yang belum prioritas.

Nanda Aria Putra Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait