Bisnis

Industri Thailand gelisah menghadapi arus investasi baja Tiongkok

Kementerian Perindustrian Thailand didesak untuk memperkenalkan peraturan guna mengendalikan pendirian pabrik baja di Thailand.

Selasa, 13 Agustus 2024 13:48

Federasi Industri Thailand menyuarakan kegelisahan atas potensi dominasi perusahaan-perusahaan Tiongkok di industri baja Thailand. Impor baja struktural yang tidak memenuhi standar industri Thailand juga dikhawatirkan.

Kriengkrai Thiennukul, ketua federasi itu mengatakan bahwa tingkat utilisasi kapasitas industri baja Thailand telah turun ke titik terendah dalam tujuh tahun, dengan enam bulan pertama tahun ini menunjukkan tingkat 29,3%, turun dari 31,2% pada periode yang sama tahun lalu.

Ia juga mencatat dampak dari investasi Tiongkok, yang diprediksi dapat meningkatkan kapasitas produksi menjadi 12,42 juta ton per tahun dibandingkan dengan permintaan Thailand sebesar 16 juta ton.

Khususnya, Perusahaan Baja Xin Ke Yuan, yang berlokasi di distrik Ban Khai, Rayong, berencana untuk meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 12,09 juta ton, termasuk batang kawat, pelat baja, baja berlapis, pipa baja, dan baja struktural.

Demikian pula, Yongjin Metal Technology di distrik Nong Yai, Chonburi, berencana membangun pabrik baja tahan karat dengan kapasitas produksi 0,322 juta ton per tahun, katanya, seraya menambahkan bahwa sebagian besar proyek telah disetujui oleh Dewan Investasi.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait