Bisnis

TikTok tarik program hadiah di UE yang dikhawatirkan membuat anak kecanduan

TikTok mengonfirmasi bahwa mereka "sekarang telah menarik" program hadiah tersebut.

Senin, 05 Agustus 2024 21:13

TikTok akan secara permanen menghapus fitur yang menawarkan hadiah kepada pengguna di Prancis dan Spanyol yang menonton dan menyukai video di aplikasi tersebut. Pencopotan fitur ini merupakan hasil dari tekanan regulator Eropa.

TikTok Lite hadir di Prancis dan Spanyol — satu-satunya negara UE yang menyediakannya — pada bulan April tahun ini. Pengguna berusia 18 tahun ke atas dapat memperoleh poin untuk ditukar dengan barang seperti voucher atau kartu hadiah melalui program hadiah aplikasi tersebut.

“Kami telah memperoleh penarikan permanen program Hadiah TikTok Lite, yang dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat adiktif,” kata komisaris pasar internal UE, Thierry Breton.

TikTok Lite adalah versi yang lebih kecil dari aplikasi TikTok yang populer, yang menghabiskan lebih sedikit memori di telepon pintar dan dibuat untuk bekerja pada koneksi Internet yang lebih lambat.

TikTok berkomitmen untuk menghapus program tersebut dari blok 27 negara dan tidak meluncurkan “program lain yang akan menghindari penarikan tersebut,” kata Komisi Eropa dalam sebuah pernyataan. Ini adalah kemenangan besar pertama bagi Undang-Undang Layanan Digital (DSA) Uni Eropa, undang-undang baru yang mewajibkan perusahaan digital yang beroperasi di wilayah tersebut untuk secara efektif mengawasi konten daring guna melindungi pengguna dari bahaya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait