Bisnis

Tiongkok dan Vietnam tandatangani 14 kesepakatan dari masalah rel kereta hingga buaya

Para pejabat Vietnam mengatakan bahwa jalur kereta api akan menjadi agenda utama ketika para pemimpin puncak bertemu.

Senin, 19 Agustus 2024 21:03

Tiongkok dan Vietnam menandatangani 14 dokumen yang mencakup jalur kereta api lintas batas hingga ekspor buaya pada hari Senin. Penandantanganan ini dilakukan setelah Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu dengan pemimpin baru Vietnam To Lam di Beijing.

Kunjungan Lam ke Beijing, perjalanan luar negeri pertamanya sejak ia ditunjuk sebagai ketua partai awal bulan ini, menandakan keinginan antara kedua tetangga komunis tersebut untuk memperkuat hubungan seiring pertumbuhan perdagangan dan investasi dan meskipun terkadang terjadi bentrokan mengenai perbatasan di Laut Cina Selatan.

“Tiongkok selalu menganggap Vietnam sebagai prioritas dalam diplomasi lingkungannya, dan mendukung Vietnam dalam mengikuti kepemimpinan Partai, mengambil jalur sosialis yang sesuai dengan kondisi nasionalnya, dan memperdalam upaya reformasi dan modernisasi sosialis,” kata Xi, menggarisbawahi pengembangan hubungan kerja yang baik dan persahabatan pribadi dengan Lam.

Lam menggambarkan hubungan bilateral ini sebagai prioritas utama dalam kebijakan luar negeri Vietnam dan menyebut kunjungannya ke Tiongkok sebagai penegasan Partai Komunis dan pemerintah Vietnam untuk menghargai hubungan dengan Tiongkok.

Kedua negara menandatangani dokumen mengenai perencanaan dan studi kelayakan untuk rute kereta api standar, yang merupakan langkah baru menuju peningkatan jaringan kereta api lintas batas, setelah kesepakatan awal mengenai masalah tersebut ditandatangani pada bulan Desember saat kunjungan kenegaraan Xi ke Hanoi.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait