Bisnis

Menlu Tiongkok meminta Jerman tidak mempolitisasi sengketa dagang

Wang mengatakan Tiongkok selalu mendukung peran inti dan utama PBB dalam menangani masalah internasional.

Rabu, 25 September 2024 08:31

Mempolitisasi isu ekonomi dan perdagangan serta menyalahgunakan langkah tarif tidak akan menguntungkan siapa pun. Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi kepada mitranya dari Jerman pada pertemuan bilateral hari Selasa di New York.

Ia juga menyerukan Berlin dan Uni Eropa (UE) untuk menggunakan dialog dan konsultasi guna menyelesaikan sengketa perdagangan dengan Tiongkok.

Pertemuan antara Wang, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok, dan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock terjadi saat kedua diplomat tinggi itu berada di New York untuk menghadiri sidang ke-79 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Pertemuan itu juga terjadi di tengah persiapan UE untuk mengenakan tarif tambahan pada kendaraan listrik buatan Tiongkok.

Dilihat dari sejarah hampir setengah abad sejak Tiongkok dan UE menjalin hubungan diplomatik, peningkatan kerja sama bilateral merupakan kepentingan kedua belah pihak dan kondusif bagi stabilitas dunia, kata Wang. Ia pun menekankan bahwa dasar hubungan Tiongkok-UE adalah kerja sama yang saling menguntungkan.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait