Bisnis

Turun hingga di bawah US$60.000, bagaimana nasib Bitcoin?

Bitcoin kembali bergerak sangat fluktuatif, setelah sempat menyentuh level US$64.000, kini kembali turun di bawah US$60.000.

Minggu, 01 September 2024 18:58

Bitcoin kembali bergerak sangat fluktuatif, setelah sempat menyentuh level US$64.000, kini kembali turun di bawah US$60.000. Penurunan lebih dari 4% ini memicu kekhawatiran akan potensi tren bearish yang lebih panjang, terutama di tengah pasar yang masih mencari arah jelas.

Bagaimana nasib Bitcoin?

Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur menyebut penurunan ini terjadi setelah pidato Ketua Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, Jerome Powell, yang memicu reli ke level tertinggi US$65.055 pada Jumat (23/8). Namun, sentimen positif ini tidak bertahan lama.

"Pekan terakhir Agustus, ada beberapa indikator ekonomi AS meredakan kekhawatiran tentang kemungkinan pendaratan keras ekonomi AS. Hal ini juga mengurangi spekulasi tentang pemangkasan suku bunga agresif oleh The Fed, yang berimbas negatif pada harga Bitcoin," kata Fyqieh.

Arus masuk pasar exchange traded fund (ETF) Bitcoin spot di Amerika Serikat yang mencapai total US$202,6 juta pada Selasa (27/8) juga sempat mendorong harga Bitcoin ke level tertinggi harian US$63.236. Namun, aksi jual segera mengikuti, mencerminkan kehati-hatian investor di tengah pasar yang masih diliputi ketidakpastian.

Satriani Ari Wulan Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait