Bisnis

Upaya mengurangi loss and waste beras

Beras menjadi jenis makanan yang paling banyak dibuang di Indonesia.

Selasa, 30 Juli 2024 17:54

Beras menjadi jenis makanan yang paling banyak 'dibuang' di Indonesia. Catatan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, kebutuhan konsumsi tanaman pangan beras per tahun di Indonesia pada 2022 mencapai 26,17 juta ton. Dari jumlah itu, penyusutan dan sisa beras yang terbuang mencapai 3,5 juta ton. 

Menilik dokumen Peta Jalan Pengelolaan Susut dan Sisa Pangan (food loss and waste) yang diterbitkan Bappenas, beras menjadi salah satu pangan yang menunjukkan peningkatan signifikan baik dalam konsumsi maupun loss and waste. Angkanya mencapai 61%. Pada tahun 2045, diperkirakan beras akan berkontribusi paling besar pada food loss and waste, yaitu mencapai 5,6 juta ton. 

Pangan lokal

Pengamat Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Dwi Andreas Santosa mengatakan food waste beras hanya berkisar 13% saja, sedangkan yang terbesar merupakan food loss

Banyaknya food loss terlihat dari proses produksi sampai distribusi ke masyarakat dikarenakan berbagai faktor seperti hama, kekurangan air, hingga bencana alam. Adapun food waste sendiri terlihat ketika sudah menjadi makanan.

Immanuel Christian Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait