Bisnis

Utang luar negeri Mei turun, BI: Bersumber dari penurunan utang swasta

ULN Indonesia secara tahunan mengalami kontraksi 1,7% (yoy), lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 1,3% .

Senin, 17 Juli 2023 14:46

Bank Indonesia (BI) mengumumkan, utang luar negeri (ULN) Indonesia pada Mei 2023 turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Posisi ULN Indonesia pada akhir Mei 2023 tercatat sebesar US$398,3 miliar, turun dibandingkan dengan posisi ULN akhir April 2023 sebesar Us$403,0 miliar.

Dengan perkembangan tersebut, ULN Indonesia secara tahunan mengalami kontraksi 1,7% (yoy), lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 1,3% (yoy). Kontraksi pertumbuhan ULN ini terutama bersumber dari penurunan ULN sektor swasta.

ULN pemerintah sendiri menurun dibandingkan dengan bulan lalu. Posisi ULN pemerintah pada akhir Mei 2023 tercatat sebesar US$192,6 miliar, turun dibandingkan dengan posisi bulan sebelumnya sebesar US$194,1 miliar, atau secara tahunan tumbuh 2,3% (yoy).

"Penurunan posisi ULN pemerintah disebabkan oleh pembayaran neto pinjaman luar negeri dan beberapa seri Surat Berharga Negara (SBN) domestik yang jatuh tempo," kata BI dalam keterangan resminya, Senin (17/7). 

BI menilai, pemerintah tetap berkomitmen mengelola ULN secara hati-hati, efisien, dan akuntabel, termasuk menjaga kredibilitas dalam memenuhi kewajiban pembayaran pokok dan bunga secara tepat waktu.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait