Bisnis

YLKI: Aduan konsumen untuk sektor digital terus meningkat

YLKI menyebut pengaduan di sektor digital cukup menjadi perhatian karena angkanya meningkat 16%-20% selama tiga tahun terakhir. 

Jumat, 25 Januari 2019 18:03

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menerima 464 pengaduan sepanjang 2018. Sebanyak 9% aduan untuk sektor digital yang mencakup e-commerce, produk pinjaman online, dan transportasi online.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menyebut pengaduan di sektor digital ini cukup menjadi perhatian karena angkanya meningkat 16%-20% selama tiga tahun terakhir. 

“Pemerintah masih terbius dengan pertumbuhan ekonomi digital tanpa memikirkan aspek perlindungan konsumen,” kata Tulus di Jakarta, Jumat (25/1).

Tulus meminta pemerintah untuk segera mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) perlindungan data pribadi (RPP) tentang transaksi perdagangan melalui sistem elektronik. 

“Sangat ironi ketika antusiasme masyarakat untuk bertransaksi elektronik, tidak diantisipasi dengan baik oleh pemerintah,” katanya.

Annisa Rahmawati Reporter
Laila Ramdhini Editor

Tag Terkait

Berita Terkait