Dunia

7 bayi meninggal di panti asuhan Korea Utara imbas para pengasuh sering mencuri makanan

Susu dari sapi peternakan di masing-masing provinsi disalurkan kepada anak-anak di panti asuhan, ujarnya.

Rabu, 08 Mei 2024 09:00

Pihak berwenang Korea Utara telah menangkap pekerja di sebuah panti asuhan di mana tujuh bayi meninggal awal tahun ini. Penangkapan ini dilakukan setelah penyelidik menemukan bahwa para pengasuh “secara sistematis mencuri” persediaan makanan yang disediakan pemerintah untuk bayi dan balita.

Ketika wabah penyakit mirip virus corona menyebabkan tujuh anak meninggal pada bulan Februari di sebuah panti asuhan di kota Hyesan, pejabat partai di provinsi Ryanggang utara mulai menyelidiki bagaimana panti asuhan tersebut dikelola, kata seorang penduduk provinsi kepada Radio Free Asia.

“Mereka menemukan bahwa kondisi gizi anak-anak tersebut serius dan memerintahkan lembaga peradilan untuk menyelidikinya,” kata seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya demi keamanan pribadi.

“Dalam pemeriksaan itu, salah urus anak mulai terungkap satu per satu,” ujarnya. “Hasilnya, penyelidikan diperluas hingga mencakup semua fasilitas perawatan anak yatim.”

Mereka menemukan bahwa bayi dan balita di panti asuhan Hyesan diberi makan ramuan tepung jagung dan gula yang sulit dicerna, bukan susu, kata warga tersebut.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait