Dunia

Adik perempuan Kim Jong Un bantah memasok senjata ke Rusia

Kim Yo Jong menyebut penilaian luar mengenai hubungan Korea Utara-Rusia sebagai “paradoks paling tidak masuk akal.

Jumat, 17 Mei 2024 11:16

Para ahli asing percaya bahwa serangkaian uji coba artileri dan rudal jarak pendek yang dilakukan Korea Utara baru-baru ini dimaksudkan untuk menguji atau mengiklankan senjata tersebut.Adik perempuan berpengaruh dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tidak terima tuduhan itu.

Ia membantah bahwa negaranya telah mengekspor senjata apa pun ke Rusia, dan menyebut spekulasi pihak luar mengenai transaksi senjata kedua negara sebagai “paradoks yang paling tidak masuk akal”.

AS, Korea Selatan, dan negara-negara lain menuduh Korea Utara memasok artileri, rudal, dan senjata konvensional lainnya ke Rusia untuk perang di Ukraina dengan imbalan teknologi militer canggih dan bantuan ekonomi. Baik Korea Utara maupun Rusia telah berulang kali menampik hal tersebut.

Para ahli asing yakin serangkaian uji coba artileri dan rudal jarak pendek Korea Utara dimaksudkan untuk menguji atau mengiklankan senjata yang rencananya akan dijual ke Rusia.

Pada hari Jumat, Kim Yo Jong menyebut penilaian luar mengenai hubungan Korea Utara-Rusia sebagai “paradoks paling tidak masuk akal yang tidak layak untuk dievaluasi atau ditafsirkan apa pun”.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait