Dunia

Aktivis Filipina mundur, takut bentrok dengan kapal Tiongkok

Angkatan Laut Indonesia telah melepaskan tembakan peringatan di masa lalu dan menyita kapal nelayan China.

Kamis, 16 Mei 2024 15:10

Sekitar 100 aktivis Filipina yang berlayar di perahu kayu memutuskan urung mendekati perairan dangkal yang disengketakan di Laut Cina Selatan pada hari Kamis (16/5). Mereka menghindari konfrontasi dengan puluhan penjaga pantai China dan kapal-kapal yang dicurigai sebagai kapal milisi yang menjaga wilayah tersebut.

Naik empat perahu, para aktivis akan mendistribusikan paket makanan dan bahan bakar kepada nelayan Filipina sekitar 58 mil laut (107 kilometer) tenggara Scarborough Shoal dan kemudian berlayar kembali ke pantai, kata Emman Hizon dan penyelenggara lainnya.

Penjaga pantai China dan Filipina serta armada kapalnya telah melakukan serangkaian konfrontasi teritorial yang semakin sengit di Scarborough, yang dikepung penjaga pantai China, dan di Second Thomas Shoal yang diduduki Filipina sejak tahun lalu. Kapal-kapal China menyiramkan meriam air dan melakukan pemblokiran serta manuver berbahaya lainnya. Akibatnya terjadi tabrakan kecil, melukai beberapa personel angkatan laut Filipina, dan memperburuk hubungan diplomatik.

Para aktivis dan pemimpin komunitas nelayan, yang tergabung dalam koalisi non-pemerintah bernama Atin Ito, bahasa Tagalog untuk This is Ours, memberikan bantuan kepada nelayan Filipina. Mereka melayangkan pelampung teritorial simbolis pada hari Rabu dalam pelayaran mereka ke perairan terpencil Scarborough untuk menegaskan hak kedaulatan Filipina atas atol tersebut. Namun dua kapal penjaga pantai China mulai membayangi mereka pada Rabu malam, menurut Hizon dan penjaga pantai Filipina.

Sekelompok 10 aktivis berhasil menghindari blokade China dengan setidaknya 46 perahu di perairan terpencil pada hari Rabu dan mendistribusikan makanan dan bahan bakar kepada warga Filipina yang mencari ikan di dekat atol. Hal ini diungkapkan oleh para aktivis yang menyatakan bahwa misi mereka berhasil.

Arpan Rachman Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait