Dunia

Aliansi PM Narendra Modi di ambang kemenangan pemilu India

Saluran TV menunjukkan BJP menguasai hampir 240 kursi yang dikuasai NDA.

Selasa, 04 Juni 2024 17:36

Aliansi Perdana Menteri India Narendra Modi memenangkan mayoritas kursi dalam tren penghitungan suara awal dalam pemilihan umum pada hari Selasa (4/6). Namun angkanya jauh dari prediksi perolehan suara dalam jajak pendapat.

Tren ini membuat takut pasar keuangan yang memperkirakan Modi akan meraih kemenangan besar, dan saham-saham pun anjlok tajam. Saham blue-chip NIFTY 50 turun 5,5 persen dan S&P BSE Sensex turun 5,3 persen pada pukul 08.00 GMT.

Rupee juga turun tajam terhadap dolar dan imbal hasil obligasi acuan naik.

Pasar telah melonjak pada hari Senin setelah jajak pendapat pada tanggal 1 Juni memproyeksikan Modi dan partai nasionalis Hindu Partai Bharatiya Janata (BJP) akan mencatatkan kemenangan besar, dan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) terlihat memperoleh dua pertiga mayoritas atau lebih.

Pada pukul 08.00 GMT, saluran TV menunjukkan NDA unggul dalam hampir 300 dari 543 kursi pilihan di parlemen, dimana 272 kursi merupakan mayoritas sederhana. Aliansi oposisi INDIA yang dipimpin oleh partai Kongres berhaluan tengah Rahul Gandhi memimpin dengan perolehan lebih dari 220 kursi, lebih tinggi dari perkiraan.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait