Dunia

Ancaman Rusia ke kapal kargo di Laut Hitam makin nyata, 1 kapal diberi tembakan peringatan

Rusia mengatakan kapal itu sedang menuju pelabuhan Ukraina Izmail.

Senin, 14 Agustus 2023 06:23

Sebuah kapal perang Rusia melepaskan tembakan peringatan ke sebuah kapal kargo di Laut Hitam barat daya saat kapal itu bergerak ke utara. Ini pertama kali Rusia menembaki kapal dagang di luar Ukraina sejak keluar dari kesepakatan biji-bijian penting yang ditengahi PBB bulan lalu.

Rusia pada bulan Juli menghentikan partisipasi dalam kesepakatan biji-bijian Laut Hitam yang memungkinkan Ukraina mengekspor produk pertanian melalui Laut Hitam. Setelah itu, Moskow memperingatkan bahwa mereka akan menganggap semua kapal yang menuju ke perairan Ukraina berpotensi membawa senjata.

Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal patroli Vasily Bykov telah menembakkan senjata otomatis ke kapal Sukru Okan yang berbendera Palau pada hari Minggu setelah kapten kapal gagal menanggapi permintaan untuk berhenti untuk pemeriksaan.

Rusia mengatakan kapal itu sedang menuju pelabuhan Ukraina Izmail. Data pengiriman refinitiv menunjukkan kapal tersebut saat ini berada di dekat pantai Bulgaria dan menuju pelabuhan Sulina di Rumania.

“Untuk menghentikan kapal secara paksa, tembakan peringatan dibuka dari senjata otomatis,” kata kementerian pertahanan Rusia.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait