Dunia

Apa yang terjadi di Rafah ketika Israel mengancam akan menyerang?

Di sisi Palestina, Rafa adalah nama wilayah paling selatan di Gaza dan ibu kotanya, serta nama penyeberangan ke Sinai di Mesir.

Senin, 12 Februari 2024 09:23

Israel bersiap melancarkan operasi darat ke Rafah. Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu sudah memperingatkan warga Rafah untuk lari dari daerah itu. Tapi apa itu Rafah dan apa rincian seputar “operasi” Israel ini?

Apa itu Rafah?
Rafah melintasi perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir.

Di sisi Palestina, Rafa adalah nama wilayah paling selatan di Gaza dan ibu kotanya, serta nama penyeberangan ke Sinai di Mesir. Di sisi Mesir, ini adalah sebuah kota di provinsi Sinai Utara.

Rafah Palestina memiliki luas 64 km persegi (25 mil persegi) dan, ketika Israel menyerang Gaza selama empat bulan terakhir, semakin banyak orang yang digiring ke sana oleh pasukan Israel yang terus menjanjikan keamanan “lebih jauh ke selatan” – namun tidak pernah terwujud.

Sekitar 1,4 juta warga Palestina kini telah terdesak ke Rafah akibat pemboman Israel yang tiada henti yang telah menewaskan hampir 30.000 warga Palestina. Kondisinya sangat buruk, dengan kekurangan yang parah.

Apa yang dimaksud dengan ‘operasi’ Israel?
Tel Aviv mengklaim empat brigade Hamas hadir di Rafah, menggunakan kehadiran mereka di sana untuk membenarkan serangan yang sedang berlangsung melalui udara serta rencana serangan darat.

Israel juga mengklaim rencana untuk mengevakuasi kota tersebut – ke tempat yang tidak jelas – sedang dipersiapkan, sehingga membuat mereka yang berlindung di Rafah lumpuh.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait