Dunia

Bicara dengan ILO, pejabat Vietnam ditangkap karena bocorkan info rahasia

Penangkapannya pertama kali dilaporkan awal pekan ini oleh The 88 Project, sebuah organisasi multinasional kecil.

Sabtu, 11 Mei 2024 20:11

Polisi Vietnam menangkap seorang pejabat senior yang terlibat dalam pembicaraan dengan organisasi internasional mengenai reformasi ketenagakerjaan, kata media pemerintah pada hari Kamis (9/5). Perbincangan itu terkait dengan pembocoran informasi rahasia.

Penahanan Nguyen Van Binh terjadi setelah berbulan-bulan penangkapan para pakar dan aktivis terkemuka. Menurut beberapa diplomat, aksi penangkapan merupakan tindakan keras berlanjut menekan masyarakat sipil di tengah perombakan besar-besaran para pemimpin politik terkemuka di negara yang dikuasai Komunis tersebut.

Sebagai direktur jenderal departemen hukum Kementerian Tenaga Kerja, Binh, 51 tahun, ditugaskan mengawasi reformasi undang-undang ketenagakerjaan dimana ia bekerja sama dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), kata kementerian itu di situs webnya.

Dinukil Times of India, ILO dan Kementerian Tenaga Kerja Vietnam tidak segera menjawab permintaan komentar mengenai penangkapan Binh.

Binh ditahan atas tuduhan sengaja mengungkapkan rahasia negara, kata surat kabar pemerintah Tuoi Tre. Dilaporkan, polisi memperluas penyelidikan mereka terkait penahanan Binh.

Arpan Rachman Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait