Dunia

China kirim kapal perang untuk latihan dengan Kamboja, sinyal ancaman?

Saat latihan Golden Dragon dibuka pada tanggal 16 Mei, Panglima Angkatan Darat Kamboja Jenderal Vong Pisen berterima kasih kepada China.

Senin, 20 Mei 2024 15:50

Dua kapal perang China berlabuh di pelabuhan komersial di Kamboja pada hari Minggu (19/5). Kedua negara pun siap melakukan latihan militer bersama.

Dilansir Deutsche Welle, kedua kapal perang tersebut – kapal perang amfibi Jingangshan dan kapal latih Qijiguang – tiba di pelabuhan Sihanoukville, Kamboja. Pelabuhan komersial tersebut berada di utara pangkalan angkatan laut Ream, tempat dua korvet China lainnya telah berlabuh selama lima bulan terakhir.

Pada hari Kamis, China dan Kamboja memulai latihan militer selama 15 hari yang melibatkan 760 personel militer China bersama dengan sekitar 1.300 warga Kamboja dan 11 kapal Kamboja. Bagian angkatan laut dari latihan tersebut akan diadakan di dekat Teluk Thailand pekan depan.

Manuver tahunan tersebut, yang dikenal sebagai latihan Golden Dragon, pertama kali diadakan pada bulan Desember 2016. Acara tahun ini adalah yang kedua setelah tiga tahun jeda akibat pandemi COVID-19, dan yang terbesar hingga saat ini.

Kamboja adalah salah satu sekutu terkuat China.

Arpan Rachman Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait