Dunia

Dongeng Krampus: Sang penghukum anak-anak nakal di perayaan Natal Austria

Dia berwujud setengah manusia setengah kambing yang datang setiap tahun untuk mengejar anak-anak nakal, dan menyeret mereka ke neraka.

Kamis, 23 Desember 2021 06:25

Anak-anak di seluruh dunia mengenal Santa Claus yang akan berbagi hadiah di setiap perayaan Natal. Namun di Austria, kebalikan dari peran Santa Claus dijalankan oleh Krampus, sang penghukum anak-anak nakal dalam perayaan Natal.

Ceritanya, setiap tahun menjelang Natal anak-anak Austria bersiap untuk Santa Nicholas yang akan mengunjungi mereka. Jika anak-anak itu bersikap baik sepanjang tahun, Santa akan memberi hadiah dan perjamuan. Sebaliknya, jika mereka bersikap buruk, anak-anak akan menghadapi Krampus dengan segumpal batu bara. Dia berwujud setengah manusia setengah kambing yang datang setiap tahun untuk mengejar anak-anak nakal, dan bahkan menyeret mereka ke neraka.

Dalam dongeng versi Eropa Santa Nicholas telah lama memiliki rekan-rekan menakutkan seperti Belsnickle dan Knecht Ruprecht yang memberikan hukuman. Krampus adalah salah satu karakter yang berasal dari cerita rakyat di wilayah Alpine Austria, di mana dia telah menakut-nakuti anak-anak dan orang dewasa selama ratusan tahun.

Anak laki-laki nakal Krampus lainnya dipercaya berasal dari perayaan titik balik matahari di musim dingin. Kemudian, mereka menjadi bagian dari tradisi Kristen di mana Santa Nicholas mengunjungi anak-anak untuk menghadiahi mereka jelang Natal. Sekitar waktu itu, kebalikan dari Santa Nicholas, yakni sosok yang mengancam juga akan mengunjungi anak-anak untuk menghukum mereka. Di Alpine Austria dan beberapa bagian Jerman, hari itu dikenal sebagai Krampusnacht, atau "Malam Krampus," ketika orang dewasa mungkin berdandan seperti Krampus untuk menakut-nakuti anak-anak di rumah mereka.

Anak-anak mungkin juga melihat Krampus berlari melalui jalan selama Krampuslauf - secara harfiah, "Krampus run." Jika Krampusnacht adalah cara untuk menakut-nakuti anak-anak, Krampuslauf, yang tidak terikat pada hari tertentu, adalah cara bagi pria dewasa untuk menakut-nakuti anak-anak. Pria Austria akan mabuk dan berlari melalui jalan-jalan berpakaian seperti makhluk yang menakutkan. Seperti Krampusnacht, tradisi Krampuslauf berlanjut hingga hari ini.

Nadia Lutfiana Mawarni Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait