Dunia

Gedung Putih tutupi rincian percakapan telepon Trump dan Presiden Ukraina

Pengaduan baru menyebutkan bahwa transkip percakapan Trump dan Zelensky tidak disimpan dalam sistem komputer yang biasa.

Jumat, 27 September 2019 11:16

Gedung Putih berusaha untuk "menutup rapat-rapat" seluruh rincian telepon antara Donald Trump dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada 25 Juli 2019. Demikian menurut pengaduan baru dari whistleblower atau pelapor pelanggaran dari komunitas intelijen AS yang dirilis pada Kamis (26/9).

"Serangkaian tindakan ini bagi saya menggarisbawahi bahwa para pejabat Gedung Putih memahami gravitasi dari apa yang terjadi dalam transkip itu," tulis pelapor dalam keluhan terbarunya.

Dalam percakapan telepon tersebut, Trump mendorong Zelensky untuk menyelidiki saingan politik utamanya, Joe Biden.

Pengaduan baru menyebutkan bahwa transkip percakapan Trump dan Zelensky tidak disimpan dalam sistem komputer yang biasa, melainkan dalam sistem terpisah yang digunakan untuk informasi rahasia. Menurut sang pelapor ini bukan kali pertama pemerintahan Trump menempatkan transkip presiden secara khusus semata-mata dengan tujuan untuk melindungi informasi yang sensitif secara politis, bukan sensitif pada keamanan nasional.

Whistleblower menyebut Trump menggunakan kekuasaannya untuk meminta campur tangan asing dalam Pemilu AS 2020.

Khairisa Ferida Reporter
Khairisa Ferida Editor

Tag Terkait

Berita Terkait