Dunia

Gen Z Turki memimpin aksi boikot produk Israel

Mereka yang tidak berpartisipasi dalam boikot bukanlah orang yang acuh.

Kamis, 18 Januari 2024 17:27

Gerakan boikot produk yang terafiliasi dengan Israel menggema di berbagai pelosok dunia, termasuk Turki. Di Negera itu, aksi boikot ternyata paling banyak didukung oleh Generasi Z, yakni mencapai 50%.

Hasil studi komprehensif yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Istanbul, Departemen Pemasaran, yang dipimpin oleh profesor Süphan Nasir dan asisten peneliti Merve Kır, baru-baru ini diumumkan untuk mengungkap sikap konsumen terhadap boikot ini.

Menurut laporan tersebut, dari 1.384 tanggapan valid dari total 1.545 peserta, 50% Generasi Z secara aktif atau sebagian memboikot merek yang ditargetkan, sementara Generasi Y menunjukkan tingkat partisipasi sebesar 40%. Sebaliknya, partisipasi Generasi X dan Baby Boomers berkisar 20%.

Bagian analisis dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Generasi Z merasa senang dengan ikut serta dalam boikot tersebut, dan mereka bersedia membayar ekstra untuk alternatif lain jika hal itu berarti menghindari merek yang diboikot tersebut. Namun tercatat daya beli Generasi Z tidak sekuat generasi lainnya.

Evaluasi tersebut menekankan perlunya mengenali peran dominan Generasi Z dalam perilaku konsumen di masa depan. Penilaian tersebut menyatakan, "Generasi Z menunjukkan lebih banyak partisipasi dalam boikot dibandingkan generasi lainnya. Semangat aktivis Generasi Z menunjukkan bahwa mereka tidak akan melupakan merek-merek yang disebut dalam boikot, dan persepsi serta sikap Generasi Z terhadap merek-merek tersebut mungkin negatif berdampak pada periode mendatang."

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait