Dunia

Houthi bakal kirim pasukan ke Gaza, apakah bakal diikuti jihadis lain?

Potensi WNI menjadi jihadis ke Palestina sangatlah kecil. Mengingat pemerintah sangat mendukung kemerdekaan Palestina.

Senin, 04 Desember 2023 13:35

Pemberontak Syiah Houthi di Yaman, mengadakan parade di Sana'a pada Sabtu (2/12) pada waktu setempat, yang diikuti ribuan pejuang, yang mereka katakan adalah rekrutan yang akan dikirim ke Gaza untuk berperang melawan Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas.

Para anggota baru, yang mengenakan pakaian tradisional Yaman, jaket lengan panjang, dan keffiyeh Palestina, berbaris menuju Lapangan Sabeen di selatan ibu kota Yaman sambil membawa senjata api. Sementara para pemimpin gerakan Houthi yang didukung Iran menyaksikan dari podium.

“Mereka melukai hati kami dengan membunuh anak-anak di Gaza,” kata Saleh Aqlan, 67, yang menjadi sukarelawan untuk melawan Israel meskipun usianya sudah lanjut kepada EFE. “Bagaimana kami bisa tidur sementara muslim ini dibunuh di depan mata kami?” tambah Aqlan.

Houthi merupakan sebuah gerakan syiah pro-Iran yang kuat, mengangkat senjata melawan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional pada 2014 dan sekarang menguasai Sanaa dan sebagian besar wilayah Yaman utara dan barat.

Juru bicara militernya, Yahya Sarea, juga memperingatkan bahwa para pemberontak “tidak akan ragu untuk memperluas operasi militer mereka terhadap entitas Israel dengan memasukkan sasaran yang mungkin tidak mereka perkirakan baik itu di darat atau di laut.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait