Dunia

Kapal induk AS berlabuh di Vietnam

Hal itu jarang terjadi ketika Amerika Serikat dan China semakin bersaing untuk mendapatkan pengaruh di Asia Tenggara.

Senin, 26 Juni 2023 13:18

Sebuah kapal induk AS dan dua kapal penjelajah berpeluru kendali, secara resmi mengunjungi Vietnam pada Senin (26/6). Hal itu jarang terjadi ketika Amerika Serikat dan China semakin bersaing untuk mendapatkan pengaruh di Asia Tenggara.

USS Ronald Reagan, bersama dengan kapal penjelajah berpeluru kendali USS Antietam dan USS Robert Smalls sendiri, tiba di Da Nang pada Minggu (25/6) untuk kunjungan tersebut.

China adalah mitra dagang terbesar Vietnam, tetapi klaim maritim Beijing yang meluas di Laut China Selatan telah menyebabkan meningkatnya gesekan dengan Vietnam, serta dengan Malaysia, Brunei, Indonesia, dan Filipina.

Sementara itu, AS telah melakukan dorongan diplomatik untuk memperkuat hubungan ekonomi dan militer di kawasan Indo-Pasifik.

Kedatangan kapal induk itu-kunjungan ketiga sejak hubungan dibangun kembali setelah berakhirnya perang Vietnam-mengikuti kunjungan ke Vietnam tahun ini dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dan Administrator USAID Samantha Power.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait