Dunia

Lebih dari 60 Negara meminta Taliban mengizinkan semua yang ingin pergi dari Kabul

Warga Afghanistan dan warga internasional yang ingin pergi harus diizinkan melakukannya.

Senin, 16 Agustus 2021 13:15

Lebih dari 60 negara mengeluarkan pernyataan bersama pada Minggu malam yang menyerukan kepada kelompok teroris Taliban untuk mengizinkan perjalanan yang aman bagi warga negara asing dan warga Afghanistan keluar dari Kabul.

Mengutip “situasi keamanan yang memburuk” di Afghanistan, negara-negara tersebut mengatakan bahwa mereka yang memegang kekuasaan dan otoritas di seluruh Afghanistan “memikul tanggung jawab—dan akuntabilitas—untuk melindungi kehidupan dan harta benda manusia, dan untuk pemulihan segera keamanan dan ketertiban sipil. ”

Warga Afghanistan dan warga internasional yang ingin pergi harus diizinkan melakukannya, kata pernyataan negara itu, seraya menambahkan bahwa jalan, bandara, dan penyeberangan perbatasan harus tetap terbuka, dan ketenangan harus dijaga.

“Rakyat Afghanistan layak untuk hidup dalam keselamatan, keamanan, dan martabat. Kami di komunitas internasional siap membantu mereka,” demikian pernyataan bersama yang disebarkan oleh Departemen Luar Negeri.

Saat ini, bandara Hamid Karzai di Kabul, yang terletak lima kilometer dari pusat ibu kota, hanya dapat diakses melalui pos pemeriksaan Taliban, lapor The Guardian.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait