Dunia

Longsor Papua Nugini: Lebih dari 2.000 orang diperkirakan terkubur hidup-hidup

Besarnya bencana ini memerlukan tindakan segera dan kolaboratif dari semua pihak, termasuk tentara, serta tim tanggap nasional dan regional.

Senin, 27 Mei 2024 17:45

Papua Nugini memberi tahu PBB pada hari Senin bahwa lebih dari 2.000 orang terkubur dalam tanah longsor besar yang melanda sebuah desa terpencil, menurut salinan surat yang diperoleh media.

“Longsor mengubur lebih dari 2.000 orang hidup-hidup dan menyebabkan kerusakan besar,” kata pusat bencana nasional negara itu kepada kantor PBB di ibu kota Port Moresby.

Sebuah desa terpencil di lereng bukit yang dulunya ramai di provinsi Enga hampir musnah ketika bongkahan Gunung Mungalo runtuh pada Jumat dini hari, mengubur sejumlah rumah dan orang-orang yang tidur di dalamnya.

Longsor tersebut menyebabkan "kehancuran besar pada bangunan, kebun pangan dan menimbulkan dampak besar pada jalur perekonomian negara", kata kantor bencana. Jalan raya utama menuju Tambang Porgera "sepenuhnya diblokir", katanya dalam surat yang diterima pejabat PBB pada Senin pagi.

“Situasinya masih tidak stabil karena tanah longsor terus bergeser secara perlahan, sehingga menimbulkan bahaya bagi tim penyelamat dan para penyintas.”

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait