Dunia

Mantan menteri keamanan, "boneka" yang diusung mantan presiden menang di Pilpres Panama

Nikaragua memberi suaka kepada Martinelli, namun pihak berwenang Panama melarangnya meninggalkan negara tersebut.

Senin, 06 Mei 2024 20:22

Mantan menteri keamanan Panama Jose Raul Mulino pada Minggu meraih kemenangan dalam pemilihan presiden yang didukung oleh bos lamanya, mantan pemimpin populer Ricardo Martinelli yang masih bersembunyi di kedutaan Nikaragua.

Mulino, 64, adalah salah satu favorit untuk menjadi presiden setelah ia menggantikan Martinelli dalam pemungutan suara ketika mantan presiden tersebut dilarang mencalonkan diri karena tuduhan pencucian uang.

"Misi berhasil," kata Mulino kepada para pendukungnya yang disambut sorak-sorai dan tepuk tangan. "Untuk Ricardo Martinelli, temanku, misiku juga tercapai."

Mulino mengatakan pemerintahannya akan pro-investasi dan pro-bisnis dan mengatakan negara Amerika Tengah itu akan membayar utangnya, namun juga berjanji untuk tidak melupakan masyarakat miskin.

“Saya berjanji kepada negara saat ini untuk membentuk pemerintahan persatuan sesegera mungkin,” kata Mulino kepada petugas pemilu sebelumnya ketika mereka meneleponnya melalui video untuk mengonfirmasi bahwa dia telah memenangkan kursi kepresidenan.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait