Dunia

Menlu: 2 jenazah WNI korban gempa Turki-Suriah dipulangkan ke Indonesia

WNI tersebut akan diterbangkan kembali ke Indonesia menggunakan pesawat yang membawa bantuan ke Turki.

Selasa, 21 Februari 2023 12:18

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, puluhan warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak gempa bumi di Turki dan Suriah akan dipulangkan ke Tanah Air. Retno menuturkan, WNI tersebut akan diterbangkan kembali ke Indonesia menggunakan pesawat yang membawa bantuan ke Turki.

"85 WNI yang terkena dampak dan mereka menginginkan untuk kembali ke Indonesia (akan dipulangkan)," kata Retno dalam keterangannya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2).

Selain itu, Retno juga menyampaikan perkembangan perihal WNI yang meninggal dunia akibat gempa berkekuatan M7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah pada 6 Februari 2023.

Diungkapkan Retno, saat ini ada total empat WNI yang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa. Dua jenazah di antaranya telah dimakamkan di Turki, sementara dua jenazah akan dibawa pulang ke Indonesia.

"Dua tambahan lagi akan dikebumikan di Indonesia atas permintaan keluarga. Sehingga, pesawat Garuda yang akan membawa bantuan ke Turki pada saat kembali akan membawa dua jenazah tersebut," ujar Retno.

Gempita Surya Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait