Dunia

Prancis menuduh pengakuan Spanyol cs terhadap Palestina hanya untuk 'posisi politik'

Menteri Luar Negeri Stephane Sejourne mengatakan kepada para senator bahwa Perancis mendukung solusi dua negara.

Kamis, 30 Mei 2024 06:16

Menteri Luar Negeri Perancis pada hari Rabu menuduh sesama anggota UE, Spanyol dan Irlandia, mengakui kenegaraan Palestina sebagai bagian dari “posisi politik,” alih-alih mencari solusi terhadap konflik Israel-Palestina.

Spanyol, Irlandia dan Norwegia pada hari Selasa secara resmi mengakui Negara Palestina, yang memicu tanggapan marah dari Israel.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pada hari yang sama bahwa dia akan siap untuk mengakui negara Palestina, namun langkah tersebut harus “dilakukan pada saat yang tepat” dan tidak didasarkan pada “emosi.”

Menteri Luar Negeri Stephane Sejourne mengatakan kepada para senator bahwa Perancis mendukung solusi dua negara, yang mana negara Israel dan Palestina akan hidup berdampingan secara damai.

“Secara definisi, isu pengakuan tentu saja akan menjadi isu utama. Namun kekhawatirannya sekarang – yang sudah jelas saya sampaikan kepada rekan-rekan saya di Spanyol dan Irlandia – adalah apa yang terjadi sehari setelah pengakuan: Seberapa bermanfaatnya hal ini secara diplomatis?” dia berkata.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait