Dunia

Rezim Biden tegaskan tidak ada genosida di Gaza

Sulivan mengatakan dia tidak bisa memprediksi kapan atau apakah kesepakatan seperti itu akan tercapai.

Selasa, 14 Mei 2024 18:35

Fakta hancurnya Gaza akibat serangan brutal Israel dengan korban tewas mencapai 35 ribu orang lebih tidak membuat Amerika Serikat goyah mendukung tindakan Israel di Gaza. 

Pendirian tersebut diteguhkan oleh penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan pada hari Senin (13/5). Menurutnya, pemerintahan Presiden Joe Biden tidak memandang pembunuhan warga Palestina di Gaza oleh Israel dalam perangnya di Gaza sebagai genosida.

Sullivan, ketika berbicara kepada wartawan di Gedung Putih, mengatakan Amerika ingin melihat Hamas dikalahkan, bahwa warga Palestina yang terjebak di tengah perang berada di “neraka,”. Di sisi lain, menurutnya, operasi militer besar-besaran yang dilakukan Israel di Rafah adalah sebuah kesalahan.

“Kami tidak percaya apa yang terjadi di Gaza adalah genosida. Kami dengan tegas menolak usulan tersebut,” kata Sullivan kepada wartawan di Gedung Putih.

Sullivan menyatakan keprihatinannya atas laporan pemukim Israel yang menyerang konvoi bantuan kemanusiaan dalam perjalanan ke Erez Crossing di Gaza utara, yang merupakan insiden kedua dalam waktu kurang dari seminggu.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait