Dunia

Rusia-Ukraina sepakat bertukar tahanan dan gencatan senjata

Konflik di Ukraina timur antara pasukan pemerintah dan separatis yang didukung Rusia pecah pada 2014.

Selasa, 10 Desember 2019 13:08

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Selasa (10/12) sepakat untuk bertukar tahanan yang tersisa dari konflik di Ukraina timur pada akhir tahun ini. 

Putin dan Zelenskiy dilaporkan berunding selama sembilan jam pada Senin (9/12) di Paris. Pertemuan mereka dimediasi oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Konflik di Ukraina timur antara pasukan pemerintah dan pemberontak pro-Rusia yang pecah pada 2014 telah menewaskan lebih dari 13.000 orang, meninggalkan sebagian besar wilayah itu di bawah kendali separatis yang didukung Rusia. 

Bahasa tubuh antara Putin dan Zelenskiy, seorang komedian yang beralih menjadi politikus yang terpilih pada awal tahun ini dengan janji untuk menyelesaikan konflik, sangat dingin. Di hadapan sorotan kamera, keduanya tidak berjabat tangan dan menghindari kontak mata.

Selain pertukaran tahanan, Rusia dan Ukraina juga mencapai komitmen untuk mengimplementasikan perjanjian gencatan senjata penuh di wilayah Donbass dan meningkatkan kegiatan monitor oleh internasional atas gencatan senjata.

Khairisa Ferida Reporter
Khairisa Ferida Editor

Tag Terkait

Berita Terkait