Dunia

Sidang ASCC, Menko PMK jelaskan urgensi insiatif one health

Keempat dokumen yang diusulkan Indonesia disetujui para delegasi. Kemudian, akan disahkan dalam KTT ke-42 ASEAN.

Senin, 08 Mei 2023 21:15

Inisatif one health menjadi salah satu isu yang dibahas dalam Sidang Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN (ASCC Council Meeting) ke-29 di Nusa Dua, Bali, pada Senin (8/5). Sidang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Dalam pertemuan tersebut, Muhadjir menekankan pentingnya insiatif tersebut selain 3 dokumen lain keluaran ASCC. Ketiga dokumen lain adalah ASEAN Declaration on Protection of Migrant Workers in Crisis Situations, ASEAN Declaration on the Placement and Protection of Migrant Fishers, dan ASEAN Leaders Statement on the Establishment of the ASEAN Villages Network.

Dirinya menerangkan, ASEAN Leaders Declaration on One Health Initiative diajukan untuk memperkuat arsitektur kesehatan regional mengingat pandemi Covid-19 yang mengakibatkan krisis multidimensi dan meningkatkan kerentanan kesehatan. Pelaksanannya menekankan keterpaduan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan ke dalam sistem kesehatan guna meningkatkan mitigasi dan respons terhadap pandemi pada masa depan.  

"Melalui adopsi ASEAN Leaders Declaration on One Health Initiative, Indonesia menekankan pentingnya pendekatan terintegrasi untuk mengatasi tantangan kesehatan yang kompleks ini," katanya. 

Sidang juga membahas isu penguatan perlindungan pekerja migran, baik yang mencari nafkah di darat maupun di laut, pada situasi krisis. Ini sebagai respons atas dampak pandemi terhadap komunitas pekerja migran di kawasan Asia Tenggara. 

Fatah Hidayat Sidiq Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait