Dunia

Taliban tahan pesawat pengungsi di bandara Afghanistan

Washington berjanji untuk terus bekerja dengan para penguasa Taliban untuk mengevakuasi mereka yang ingin keluar dari Afghanistan.

Senin, 06 September 2021 14:02

Setidaknya empat pesawat yang disewa untuk mengevakuasi ratusan orang yang berusaha melarikan diri dari Afghanistan telah ditahan oleh pihak Taliban.

Para pejabat lokal pada Minggu (5/9) menyatakan bahwa pesawat-pesawat tersebut tidak dapat meninggalkan negara itu selama berhari-hari. Sementara itu, laporan lain menyatakan bahwa penerbangan tidak dapat lepas landas karena tekanan meningkat di Amerika Serikat untuk membantu mereka yang tertinggal untuk melarikan diri.

Seorang pejabat Afghanistan di bandara di kota utara Mazar-e-Sharif mengatakan bahwa para pengungsi adalah warga Afghanistan, banyak dari mereka tidak memiliki paspor atau visa, dan dengan demikian tidak dapat meninggalkan negara itu.

Hari-hari terakhir dari perang AS selama 20 tahun di Afghanistan ditandai dengan evakuasi jalur udara di bandara di Ibu Kota Kabul untuk mengevakuasi puluhan ribu orang, baik warga AS maupun sekutu mereka, yang takut akan apa yang akan terjadi di masa depan, mengingat sejarah penindasan Taliban, terutama terhadap wanita. 

Namun, ketika pasukan AS terakhir ditarik pada 30 Agustus, banyak yang masih tertinggal di negara itu.

Valerie Dante Reporter
Valerie Dante Editor

Tag Terkait

Berita Terkait