Dunia

UEA menjadi negara Arab pertama yang menandatangani pakta perdagangan bebas dengan Korsel

UEA adalah negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian serupa dengan Korea Selatan.

Rabu, 29 Mei 2024 18:54

Korea Selatan dan Uni Emirat Arab pada hari Rabu secara resmi menandatangani perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif yang bertujuan untuk meningkatkan keterbukaan perdagangan, memperluas akses pasar dan mendorong investasi selama kunjungan kenegaraan pertama presiden UEA ke Korea Selatan.

UEA adalah negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian serupa dengan Korea Selatan.

Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Ahn Duk-Geun dan Menteri Negara Perdagangan Luar Negeri UEA Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, menghadiri upacara penandatanganan yang diadakan pada kesempatan pertemuan puncak antara Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan di kantor kepresidenan di Yongsan, Seoul.

Elemen kunci CEPA, mirip dengan perjanjian perdagangan bebas, mencakup “liberalisasi tarif, pembukaan sektor jasa seperti layanan kesehatan dan permainan online, dan pembentukan kemitraan ekonomi yang berorientasi masa depan di bidang seperti bioteknologi dan energi,” menurut ke kantor presiden.

Kantor Yoon juga menjelaskan bahwa penandatanganan CEPA telah membentuk “kerangka kelembagaan untuk memperkuat kemitraan ekonomi di berbagai sektor, termasuk liberalisasi perdagangan dan perluasan investasi.”

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait