Dunia

UEA tegas larang kenaikan harga sembako saat Ramadan

Sembilan barang itu tidak akan mengalami kenaikan harga tanpa persetujuan terlebih dahulu selama bulan Ramadhan.

Rabu, 06 Maret 2024 20:36

Setiap Ramadan, datang, masyarakat Indonesia menjerit karena harga kebutuhan pokok melonjak. Di Uni Emirat Arab, kondisi itu sangat dihindari. Pemerintah negara itu serius memastikan harga-harga kebutuhan pokok tidak tiba-tiba menjadi mahal saat Bulan Suci dengan membuat penetapan harga eceran pada sembilan barang konsumen penting.

Kebijakan tersebut melarang kenaikan harga minyak goreng, telur, susu, beras, gula, unggas, kacang-kacangan, roti dan gandum' tanpa Kementerian dan pihak berwenang terkait memberikan pendapat mereka mengenai masalah tersebut.

Kebijakan harga barang konsumsi juga merupakan pilar utama regulasi harga pasar. Sembilan barang itu tidak akan mengalami kenaikan harga tanpa persetujuan terlebih dahulu selama bulan Ramadhan. 

“Dengan datangnya Ramadan, pasar-pasar di negara ini mengalami kelimpahan pasokan barang dan produk – terutama barang-barang strategis,” kata Abdullah Sultan Al Fan Al Shamsi, Asisten Wakil Menteri Bidang Pemantauan dan Tindak Lanjut di Kementerian Perekonomian UEA. 

“Kementerian juga memastikan seluruh kebutuhan konsumen terpenuhi dan mereka memiliki akses mudah terhadap barang-barang tersebut tanpa kenaikan harga yang tidak wajar, dan dalam jumlah yang mereka butuhkan.”

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait