Dunia

Vatikan tegaskan larangan umat Katolik menjadi Freemason

Loji Masonik biasanya merupakan perkumpulan khusus laki-laki, yang dikaitkan dengan simbol dan ritual misterius.

Jumat, 17 November 2023 13:10

Vatikan telah mengonfirmasi larangan bagi umat Katolik untuk menjadi Freemason. Alasan iman Katolik dan Freemason tidak sejalan.

“Keanggotaan aktif dalam Freemasonry oleh umat beriman dilarang, karena tidak dapat didamaikan antara doktrin Katolik dan Freemasonry,” kata kantor doktrin Vatikan dalam sebuah surat yang diterbitkan oleh media Vatikan, Rabu (15/11), seperti dikutip Reuters.

Freemason adalah sebuah perkumpulan rahasia berusia berabad-abad yang telah lama dipandang bermusuhan oleh Gereja Katolik dan diperkirakan memiliki keanggotaan global hingga enam juta orang.

Departemen tersebut, yang dikenal sebagai Dicastery of the Doctrine of the Faith (DDF), mengeluarkan pendapatnya, tertanggal 13 November dan ditandatangani oleh Paus Fransiskus, sebagai tanggapan terhadap seorang uskup dari Filipina yang khawatir dengan meningkatnya jumlah Freemason di negaranya.

Kantor yang sama mengatakan pekan lalu bahwa kaum transgender dapat dibaptis, menjadi wali baptis, dan menjadi saksi di pernikahan Katolik.

Arpan Rachman Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait