Dunia

Wanita yang ikut menabrak mobil pembakar Alquran dipenjara 19 bulan

Kasus terhadap pengemudi mobil berusia 24 tahun tersebut belum disidangkan.

Sabtu, 27 Januari 2024 08:51

Video kejar-kejaran antara pembakar Al-Quran dengan dua orang wanita di Norwegia sempat viral di media sosial. Kedua wanita itu banyak mendapatkan dukungan, karena dinilai sebagai pemberani. Namun, belakangan ternyata diketahui ia harus menjalani proses hukum.

Dilaporkan media bahwa Pengadilan Norwegia memenjarakan wanita yang mengejar dan kemudian menabrak kendaraan yang membawa seorang ekstremis anti-Islam yang baru saja membakar Alquran itu. Disebutkan bahwa, wanita itu telah dihukum 19 bulan penjara.

Putusan yang salinannya diterima AFP pada hari Jumat menyatakan bahwa wanita tersebut dinyatakan bersalah atas upaya untuk melukai tubuh secara serius.

Insiden itu terjadi beberapa menit setelah Lars Thoren, ketua kelompok Hentikan Islamisasi Norwegia, membakar Alquran di luar sebuah masjid di pinggiran kota Oslo, 2 Juli 2022.

Sebuah video yang diposting di Facebook menunjukkan Thorsen dan aktivis lainnya pertama kali berkendara ke Mortensrud, pinggiran kota Oslo dengan komunitas Muslim yang besar. Sejumlah aktivis kemudian meletakkan Alquran yang terbakar di tengah persimpangan kecil, yang pada awalnya berhasil memukul mundur warga setempat yang mencoba memadamkan api.

Massa yang marah berkumpul, termasuk seorang wanita yang mengambil buku hangus itu sebelum naik ke Mercedes abu-abu.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait