Sosial dan Gaya Hidup

Apakah mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan kebutaan?

Dampak dari mengonsumsi alkohol berlebihan, bakal menimbulkan efek jangka panjang, seperti reaksi tertunda antara mata dan otak.

Rabu, 13 Maret 2024 19:12

Dalam siniar di kanal YouTube aktor Denny Sumargo pada Minggu (10/3), Azhiera Adzka Fathir—mantan istri eks kiper Arema Malang dan tim nasional sepak bola Indonesia Kurnia Meiga—membongkar gaya hidup Meiga sewaktu masih aktif menjadi pemain sepak bola hingga mengalami gangguan penglihatan.

Azhiera mengatakan, kebutaan pada mata Meiga sejak 2017 disebabkan kebiasaan mengonsumsi alkohol sejak usia 18 tahun. Bahkan, setelah matanya mengalami kebutaan, Azhiera menyebut, kebiasaan buruk itu belum juga ditinggalkan.

Seperti diketahui, sejak 2017 Meiga menghilang dari dunia sepak bola nasional karena masalah kesehatannya. Kedua matanya mengalami kebutaan secara tiba-tiba. Sebelumnya, tak ada yang pasti terkait penyebab masalah penglihatan yang dialami Meiga. Meiga sendiri kerap menyebut diguna-guna atau mengidap penyakit langka. Ada pula yang menyebut, Meiga mengidap papilledema—sebuah kondisi saraf optik mata pada area cakram optik mengalami pembengkakan lantaran tekanan intrakranial.

Lantas, apakah kebiasaan mengonsumsi alkohol memang bisa menyebabkan kebutaan pada seseorang?

World Health Organization (WHO) melaporkan, konsumsi alkohol merupakan faktor penyebab lebih dari 200 penyakit, cedera, dan kondisi kesehatan lainnya. Mengonsumsi alkohol pun dikaitkan dengan risiko munculnya masalah kesehatan, seperti gangguan mental dan perilaku, penyakit kardiovaskular, beberapa jenis kanker, dan penyakit tak menular seperti sirosis atau kerusakan hati kronis.

Fandy Hutari Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait