Sosial dan Gaya Hidup

Asa sekolah swasta gratis di Jakarta

Ribuan sekolah swasta di Jakarta direncanakan bakal bergabung dalam program sekolah gratis pada 2025.

Rabu, 21 Agustus 2024 06:08

Sebanyak 2.176 sekolah swasta di Jakarta bakal bergabung dalam program sekolah gratis, yang direncanakan akan diterapkan pada 2025. Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pun meminta rekomendasi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terkait rencana biaya sekolah swasta gratis. Pemprov DKI Jakarta, kata Heru, juga sedang mendata sekolah swasta se-Jakarta untuk program tersebut.

Berdasarkan data pokok pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek dalam tahun ajaran 2024/2025 di seluruh DKI Jakarta ada 927 SD swasta, 293 SMP swasta, 388 SMA swasta, dan 486 SMK swasta.

Koordinator Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriawan Salim menilai, untuk mewujudkan sekolah swasta gratis perlu skenario matang mengenai pelaksanaannya. Sebab, sekolah swasta di Jakarta memiliki sejumlah kelas kualitas. Menurutnya, sudah pasti anggaran pendapat dan belanja daerah (APBD) Pemprov DKI Jakarta tidak cukup untuk memenuhi sekolah swasta menengah ke bawah.

“Kalau berkaca pada skema PPDB (penerimaan peserta didik baru) bersama yang sudah dilakukan Pemprov DKI Jakarta selama ini, sekolah swasta yang terlibat dan mau dilibatkan itu adalah sekolah swasta menengah ke bawah,” ujar Satriawan kepada Alinea.id, Senin (19/8).

“Perlu dipahami bahwa secara demogratif sekolah swasta itu ada yang betul-betul mereka berbiaya tinggi, kemudian segmentasi jelas, yaitu kelas menengah ke atas dengan uang pangkal dan SPP (sumbangan pembinaan pendidikan) yang juga sangat tinggi.”

Kudus Purnomo Wahidin Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait