Sosial dan Gaya Hidup

Daftar lengkap nominasi Piala Citra Festival Film Indonesia 2019

Festival Film Indonesia 2019 kembali digelar untuk memperebutkan Piala Citra insan perfilman Tanah Air. Siapa saja nominasi film terbaik?

Selasa, 12 November 2019 22:13

Festival Film Indonesia 2019 kembali digelar untuk memperebutkan Piala Citra insan perfilman Tanah Air. Tahun ini, FFI 2019 terdapat 21 kategori yang diperebutkan untuk meraih Piala Citra.

Dikutip dari laman resmi Festivalfilm.id dan Twitter @Festivalfilmid, malam pengumuman nominasi digelar di La Moda, Plaza Indonesia, Selasa (12/11) malam. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1955, Festival Film Indonesia (FFI) digagas sebagai barometer perkembangan kualitas perfilman Indonesia.

Proses penyeleksian film yang akan masuk dalam Nominasi Piala Citra tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, beberapa tim telah dibentuk untuk melakukan proses penyeleksian yang terdiri dari beberapa tahapan baru. 

Proses pertama yaitu penyeleksian dari kurator film yang terdiri dari 7 orang dari berbagai profesi yaitu akademisi, jurnalis, dan pekerja film. 

Setelah kurator selesai menyeleksi film-film yang telah lulus sensor dan sudah ditayangkan di bioskop Indonesia, film tersebut kemudian akan dikerucutkan lagi menjadi daftar pendek berisi 30-50 film. Film-film terpilih ini kemudian akan dinilai oleh asosiasi profesi untuk menetapkan nominasi dalam beberapa kategori.

Sukirno Reporter
Sukirno Editor

Tag Terkait

Berita Terkait