Sosial dan Gaya Hidup

Dehidrasi bisa berakibat fatal

Dehidrasi bisa menyebabkan pusing, bahkan pingsan.

Senin, 20 Mei 2024 17:15

Presenter Ruben Onsu tumbang usai menjadi pembawa acara di panggung hiburan di Lapangan GGM Majalengka, Jawa Barat pada Sabtu (18/5). Ia lalu dibawa ke RSUD Majalengka, sebeum akhirnya dipindahkan ke Rumah Sakit Bunda Jakarta. Ruben disebut mengeluh sesak napas, pusing, dan kekakuan pada kedua tangannya sebelum pingsan. Ia diduga mengalami kelelahan dan dehidrasi.

Dikutip dari Self, dokter di Mercy Medial Center di Baltimore, Susan Besser mengatakan, dehidrasi bisa menyebabkan pingsan karena otak kekurangan oksigen. Saat kita mengalami dehidrasi sedang atau berat, volume darah kita menurun, yang mengakibatkan tekanan darah menurun juga. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ di tubuh, termasuk otak.

“Jadi, jika Anda tidak mendapatkan darah dan oksigen sebanyak biasanya karena dehidrasi, Anda mungkin akan pingsan,” ucap Besser kepada Self.

Profesor di Birmingham Department of Emergency Medicine, University of Alabama, Janyce M. Sanford, dikutip dari Self menuturkan, dalam beberapa kasus, ada beberapa tanda sebelum kita pingsan, seperti merasa lemah, bingung, pusing, mengalami kram otot, detak jantung cepat, atau kencing yang berwarna sangat gelap.

Ahli kesehatan jantung Luke Laffin, dalam Cleveland Clinic menyebut, sekitar 55% hingga 60% tubuh kita terdiri dari air. Maka, tak mengherankan pula darah kita sebagian besar terdiri dari air. Biasanya, ada sekitar 5 liter darah di sistem tubuh kita.

Fandy Hutari Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait