Sosial dan Gaya Hidup

Di balik makin mudanya usia berhubungan seks pertama kali

Berdasar survei Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI), hubungan seks pertama kali cenderung dilakukan pada kisaran usia 15-19 tahun.

Kamis, 15 Agustus 2024 06:01

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengungkapkan, pernikahan dini di Indonesia menurun dibandingkan 10 tahun lalu. Usia rata-rata perempuan pertama kali menikah kini 22,1 tahun.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga pun menyebut, angka perkawinan anak terus menurun dalam tiga tahun terakhir. Pada 2021, angkanya menurun dari 10,35% menjadi 9,23%. Kemudian menjadi 8,06% pada 2022 dan menjadi 6,92% pada 2023.

Menurut Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, pernikahan dini yang menurun disebabkan faktor pendidikan, sosial-ekonomi, dan tempat tinggal. Jika pendidikan seseorang semakin tinggi, maka masa pernikahannya akan semakin mundur. Lalu, kondisi sosial-ekonomi yang terbilang baik dan kondisi tempat tinggal di perkotaan membuat usia rata-rata pernikahan dini juga menurun.

“Tiga faktor itu membuat (usia) nikah cenderung mundur,” ujar Hasto kepada Alinea.id, Senin (12/8).

Namun, baik laki-laki maupun perempuan, berhubungan seks pertama kali pada usia yang lebih muda. Hasto menyampaikan, hal itu berdasarkan temuan dari survei Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI).

Immanuel Christian Reporter
Fandy Hutari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait