Sosial dan Gaya Hidup

Di zaman android, para dokter ternyata masih gunakan pager

Para dokter di unit gawat darurat rumah sakit membawa pager selama bertugas.

Kamis, 19 September 2024 15:03

Dengan semakin berkembangnya ponsel android dan iPhone sebagai alat komunikasi utama di dunia, pager kini sebagian besar telah ditinggalkan karena penurunan permintaan yang drastis sejak popularitasnya pada 1990-an. Namun, perangkat kecil ini tetap penting dalam beberapa sektor, seperti layanan kesehatan dan darurat, karena daya tahan serta masa pakai baterainya yang panjang.

“Ini adalah cara paling murah dan efisien untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang tanpa memerlukan respons,” ujar seorang dokter bedah senior di sebuah rumah sakit besar di Inggris. Pager masih digunakan oleh dokter dan perawat di seluruh National Health Service (NHS) Inggris.

"Perangkat ini digunakan untuk memberitahu staf mengenai lokasi, waktu, dan tugas yang harus dilakukan," tambahnya.

Pada hari Selasa, pager menjadi sorotan ketika ribuan perangkat yang digunakan oleh kelompok militan Hizbullah diledakkan serentak di Lebanon, menyebabkan setidaknya sembilan orang tewas dan hampir 3.000 lainnya terluka.

Sumber keamanan Lebanon menyebutkan bahwa bahan peledak dalam pager tersebut ditanam oleh Mossad, badan intelijen Israel.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait